Senin, 25 Oktober 2010

Sedimentasi Danau Tempe Butuh Perhatian

ANTARA/Irsan Mulyadi/ip
MAKASSAR--MICOM: Sedimentasi Danau Tempe yang menjadi pemicu banjir di tiga daerah sekitarnya setiap musim hujan, memerlukan penanganan terpadu dan perbaikan ekosistem di bagian hulu sungai yang bermuara di danau itu.

"Tampa pengananan terpadu dan perbaikan ekosistem di hulu sungai, Danau Tempe akan tinggal menjadi kenangan," kata salah seorang pengamat lingkungan Yudha Yunus yang juga Badan Pekerja Lembaga Studi Kebijakan Publik di Makassar, Sulawesi Selatan, Minggu (24/10).

Menurut dia, persoalan danau yang wilayahnya meliputi Kabupaten Wajo, Sidrap dan Soppeng, Sulsel itu bukan hanya membutuhkan koordinasi dan kerja sama yang baik antar pemerintah kabupaten, tetapi juga berusaha mendorong perbaikan lingkungan di hulu sungai.

"Sungai yang terdapat di tiga kabupaten bahkan daerah tetangganya bermuara ke Danau Tempe, sehingga material yang terbawa pada aliran sungai itu menyebabkan danau mengalami sedimentasi," katanya.

Sebelumnya, kasus Danau Tempe juga sudah pernah diangkat pada Forum Konfrensi Danau di Bali beberapa waktu lalu, termasuk mendorong pemerintah pusat mengalokasikan anggaran untuk perbaikan kondisi danau tersebut.

Bahkan Pemerintah Kabupaten Wajo tahun ini juga membangun bendungan gerak untuk menjaga kestabilan volume air di danau yang menjadi habit tratusan jenis ikan air tawar.

Yudha mengatakan, banjir musiman yang terjadi akibat sedimentasi Danau Tempe, untuk jangka pendek yang bisa dilakukan memang hanya pengerukan dan membangun bendungan gerak, tapi untuk penanganan jangka panjang itu sangatlah penting.

"Perbaikan lingkungan di hulu dan sekitar DAS yang bermuara ke Danau Tempe merupakan upaya jangka panjang, namun ini akan menjadi langkah peraikan yang berkesinambungan, bukan temporer seperti penanganan jangka pendek dengan cara pengerukan," katanya.

Hal senada dikemukakan Direktur Eksekutif Jurnal Celebes, Makassar Mustam Arif. Menurut penggiat LSM lingkungan ini, untuk memperbaiki kondisi ekosistem di sekitar sungai dan danau itu, sangat tergantung dari dukungan masyarakat setempat yang sadar akan pentingnya menjaga lingkungan, misalnya tidak menebang pohon atau mengambil pasir sungai secara berlebihan. (Ant/OL-2)

1 komentar:

  1. AssalamuAlaikum wr"wb Allahu Akbar-Allahu Akbar allah mahabesar.
    Kenalkan saya IBU ULAN TKI membernya yang kemarin aki brikan nmr 4D asal dari kota MEDAN, jadi tki di SINGAPUR, mau mengucapkan banyak2 trimakasih kepada KI PALAH yg sdh membantu kami sekeluarga melalui nmr TOGEL SINGAPUR 4D Keluar hari rabu kemarin allahamdulillah benar-benar kluar akhirnya dapat BLT Rp.500jt, sesuai niat kami kemarin KI, klo sdh jackpot, kami mau pulan kampung buka usaha & berhenti jadi TKI, TKW, cepek jadi prantauan aki kerena sdh 15 tahun jadi tkw nga ada perkembangan, jangankan dibilang sukses buat kirim ke Kampung pun buat keluarga susah KI, malu KI ama kluarga pulang nga bawah apa2, kita disini hanya dpt siksaan dari majikan terkadan gaji tdk dikasih, jadi sekali lagi trimakasih byk buat aki sdh membantu kami, saya tdk bakal lupa seumur hidup saya atas batuan & budi baik KI PALAH terhadap kami.
    Buat sahabat2 tki & tkw yg dilandai masalah/ingin pulang kampung tdk ada ongkos, dan keadaannya sdh kepepet tdk ada pilihan lain lg. jangan putus asa, disini kami sdh temukan solusi yg tepat akurat & trpercaya banyak yg akui ke ahliannya di teman2 di google dengan jaminan tdk bakal kecewa, jelas trasa bedahnya dengan AKI-AKI yang lain, sdh berapa org yg kami telpon sebelum KI PALAH semuanya nihil, hanya menambah beban, nga kaya KI PALAH kmi kenal lewat teman google sdh terbukti membantu ratusan tki & tkw termasuk kami yg dibrikan motipasi sangat besar,demi allah s.w.t ini kisah nyata kami yg tak terlupakan dalam hidup kami AKI, sekali lagi trimakasih byk sdh membantu kami,skrg kami sdh bisa pulang dengan membawa hasil.
    Jika sahabat2 merasakan hal yang sama dengan kami.
    silahkan Hubungi KI PALAH siapa cepat dia dapat,
    TERBATASI penerimaan member...wajib 9 member bisa diterimah dlm 3x putaran.
    HUBUNGI LANSUNG DI NO:0823.8831.6351.
    Atau kunjungi Situs KI PALA dengan cara klik >>>>>KLIK DI SINI<<<<<

    BalasHapus